Selasa, 15 Desember 2009

Bentor di China


Ada banyak jenis transportasi publik yang dimodifikasi dari kendaraan bermotor. Salah satunya di Sumatera kita kenal dengan bentor atau becak motor. Moda ini terbuat dari sepedamotor dimana bagian belakangnya dibuatkan sebuah tempat duduk untuk penumpang. Bisa untuk satu, dua atau lebih banyak lagi penumpang. Ada yang memakai tudung sebagai penahan panas penumpang, ada yang tidak. Saya perhatikan, berbagai bentuk ini mencerminkan tuntutan publik dipadukan dengan kreativitas pemiliknya.

Bentor jenis baru saya temukan di Nanning, Guangxi, China, dalam masa training saya di sana. Bentor ini dibuat dari sepedamotor lokal (merk China yang dikenal dengan kualitas kurang bagus). Tempat penumpang ada di belakang supir. Maksimal tiga penumpang bisa masuk. Penumpang dilindungi dengan atap untuk menahan panas dan pagar di samping untuk menghindari jatuh.

Ongkos bentor di China berbeda-beda. Tergantung pada tawar-menawar yang dilakukan antara penumpang dan supir. Saya waktu itu dari pusat kota ke tempat kami tinggal, kira-kira 10 menit perjalanan dengan mobil atau bentor dikenai biaya 4500 per-orang. Termasuk murah meriah dengan tingkat kecepatan cukup tinggi.

Siapa para supir bentor ini? Mereka rata-rata adalah para penyandang cacat kaki. Mereka yang memiliki kelainan pada kaki menggunakan bentor ini sebagai sarana mereka mencari nafkah. Dalam hal ini saya sangat salut pada etos dan semangat kerja masyarakat China. Mereka dengan keterbatasan yang ada tapi tetap semangat mencari nafkah dengan cara yang halal dan terhormat.

Bentor menjadi salah satu alternatif transportasi diantara bis umum dan taksi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bis paling murah, namun dengan waktu tempuh agak lama dan dengan jalur yang tertentu (terbatas). Selain itu bis juga harus saling berdesakan dan kadang berdiri. Taksi sebagai transportasi cepat, privat dan fleksibel memang enak, tapi dengan ongkos yang cukup mahal. Bagi yang ingin bertransportasi cukup cepat dan dengan ongkos cukup murah, maka bentor menjadi pilihannya. Ingin mencoba? Silahkan...

Jkt, 16 Desember 2009

Tidak ada komentar: