Senin, 25 Mei 2009

Tips Berbisnis (Memilih Produk)

Tak dapat diragukan lagi bahwa salah satu cara untuk menambah penghasilan (atau bahkan menjadi sumber penghasilan utama) adalah dengan membuka usaha sendiri, alias berbisnis. Dalam bisnis ada barang, ada mitra jual dan ada mitra beli. Terhadap ketiga hal tersebut, kita harus familiar (akrab) dan harus percaya.

Familiar
Artinya kita kenal betul dengan barang tersebut. Kita tahu seluk beluknya. Kita mendalaminya luar dalam. Kalau kita tidak faham terhadap barang yang kita jual, maka kita akan kesulitan dalam mempromosikannya. Ingat, promosi seringkali berbanding lurus dengan jumlah penjualan.

Ada cara mudah agar kita familiar dengan barang yang kita jual. Pertama, gunakan barang itu sebagai barang pribadi. Jika anda sudah memakainya, maka anda akan merasakannya. Jika anda sudah merasakannya maka anda bisa menilai baik dan buruknya. Dan jika anda sudah bisa menilai baik dan buruknya, maka berarti anda sudah menguasai barang tersebut dari segi kualitas.

Percaya
Ini bisa kita artikan dengan yakin atau optimis. Optimislah terhadap barang yang akan anda jual. Yakinlah bahwa barang tersebut akan memberi anda keuntungan yang berlimpah. Yakinlah bahwa barang tersebut akan laris di pasaran. Bagaimana caranya? Mudah sekali, belilah produk yang berkualitas bagus. Kalau terlalu mahal, maka ambillah yang sekiranya terjangkau pasaran. Yakinkan diri anda bahwa jika orang memakai produk anda, mereka akan memiliki nilai tambah, baik dari segi estetis (keindahan) maupun dari segi non-ekonomis (gengsi).

Nah, silahkan anda mencoba dengan tips sederhana tersebut. Cobalah dari barang yang paling dekat dengan anda saat ini. Misalnya baju, laptop, makanan atau buku. Selanjutnya akan dibahas tentang tips memilih produk yang baik.

Tidak ada komentar: