Rabu, 27 Mei 2009

TKI yang mabuk dan berantem..


Suatu sore, Minggu, 6 Oktober 2008, di terminal MRT, mainstation, Taipei, saya jalan-jalan. Hotel tempat kami menginap kebetulan hanya 100m dari mainstation tersebut. Sudah menjadi kebiasaan kami kalau tidak ada acara, kami menikmati pemandangan hilir mudik penumpang di kota Taipei yang sangat rapi. Minggu sore itu, saya melihat dan mendengar keributan. Saya lalu menghampiri dan bertanya pada beberapa orang yang kebetulan saya tahu adalah TKI. "Ada apa mBak?". Lalu mbak itu menjawab "Biasa mas, teman kita yang cowok-cowok itu mabok dan berantem". Kenapa? Saya lalu tanya lagi. "Kalau bukan soal cewek, soal apa lagi?".

Hmmm.. Dalam hati saya benar-benar terkejut. Saya pikir Taiwan selama ini menerima TKI kita karena TKI kita sopan dan rajin. Ternyata ada juga TKI yang bikin ulah. Saya melihat beberapa penduduk lokal cuek dan tetap lalu lalang. Kadang ada dari mereka yang geleng kepala dan mencibir. Saya tidak bisa membayangkan apa komentar mereka pada rekan pahlawan devisa kita ini.

Kemudian saya lanjutkan jalan-jalan di sekitar kumpulan TKI yang terdiri atas cowok cewek. Mereka memang setiap hari Minggu, dari pagi hingga malam pukul 9 menggunakan waktu bebas mereka untuk berbagi cerita, melepas rindu dengan teman mereka sesama pekerja. Ada yang berlanjut sampai pacaran, bahkan nikah. Ada yang hanya pertemanan biasa. Ada yang saling kenalan baru. Dan ada macam-macam model, pola dan tujuan komunikasi yang mereka bangun.

Yang paling rame pada hari Minggu tersebut, tentu saja adalah warung masakan Indonesia dan tempat pengiriman barang ke Indonesia. Tidak lupa pula banyak mahasiswa Indonesia yang ikut berbaur baik dalam rangka penelitian mereka, maupun sekedar berbaur dengan sesama orang Indonesianya.

Melihat kumpulan orang Indonesia yang duduk-duduk, belanja, makan, jalan dan bahkan merokok di sekitar mainstation, menjadi semacam oase di tengah jenuhnya tugas di Taipei dan menjadi pelangi di tengah luasnya pemandangan wajah-wajah penduduk Taiwan.

Sepanjang hari Minggu di Mainstation MRT Taipei, pemandangan yang tak akan pernah saya lupakan. Mungkin bagi anda juga begitu..

Tidak ada komentar: